----

SELAMAT DATANG 
DI KUA KECAMATAN BANYUMAS KABUPATEN BANYUMAS

 

Senin, 27 Agustus 2012

KUA TELADAN

KALTIM JUARA II KUA TELADAN TK. NASIONAL 2012
Jumat, 24 Agustus 2012 – Bidang Urais, Zakat & Wakaf
Foto
Samarinda (Urais) – Alhamdulillah tahun ini wakil dari Kalimantan Timur, Kepala KUA Kecamatan Tarakan Timur ( Drs. HM. Ramli ) berhasil mengharumkan nama Kemenag Provinsi Kalimantan Timur setelah mampu meraih Juara II dalam Pemilihan KUA Teladan Tk. Nasional.
Kegiatan yang dipusatkan di Hotel Sari Pan Pasific Jakarta (11-17/8/2012), telah menghasilkan keputusan sebagai Juara I diraih oleh Provinsi Jawa Timur, disusul Juara II Prov. Kalimantan Timur, Juara III Prov. Jawa Tengah, Juara IV Sumatera Utara, Juara V Jogjakarta dan Juara VI Sulawesi Selatan.
Dalam pemilihan KUA Teladan, ada dua aspek penilaian, meliputi Aspek Perkantoran dan Performance Kepala KUA. Untuk Aspek perkantoran diantaraya adalah pemanfaatan TIK dan Website, pengelolaan Kelompok Binaan. Sedangkan untuk Performance Kepala KUA meliputi kemampuan Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Kemampuan penguasaan Kitab Kuning, Pemahaman Peraturan PerUndang-Undangan dan Khotbah Nikah.
Kabid Urais Drs. H. Elbadiansyah, M.Pd menjelaskan bahwa Kantor Urusan Agama Kecamatan sebagai unit pelaksana teknis Direktorat Jendedral Bimbingan Masyarakat Islam memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat luas, meliputi pelayanan pernikahan, perwakafan, kemasjidan, bimbingan calon penganten, pembinaan pengamalan agama, majlis taklim, pengukuran arah kiblat, sosialisasi produk halal, bimbingan manasik haji serta pelayanan konsultasi keagamaan, sehingga Kantor Urusan Agama Kecamatan memiliki posisi dan kedudukan yang penting dalam rangka pencitraan kantor Kementerian Agama secara keseluruhan.
Mengingat besarnya tugas dan fungsi tersebut, KUA selaku salah satu unit pelayanan publik dituntut mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat secara optimal dan professional, oleh karena itu perlu diberikan porsi perhatian yang cukup dalam pembinaan, evaluasi, dan penilaian kinerja seluruh unsur yang ada di dalamnya. Maka dalam rangka meningkatkan kualitas pencapaian pelayanan tersebut Bidang Urais Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur melakukan kegiatan Pemilihan Kantor Urusan Agama Teladan Tingkat Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar