----

SELAMAT DATANG 
DI KUA KECAMATAN BANYUMAS KABUPATEN BANYUMAS

 

Rabu, 26 Desember 2012

MUNAS FK - OSI

CLIK ! KUA KEC. JAPAH: Kopdar I FK-OSI Korwil Jateng



Sample image
KAMI UCAPKAN SELAMAT ATAS TERSELENGGARANYA MUNAS FK-OSI TAHUN 2012, SEMOGA PARA PESERTA AKAN MENDAPAT BEKAL ILMU YANG LEBIH BANYAK DEMI KEMAJUAN KITA BERSAMA KHUSUSNYA DALAM BIDANG IT. TERIMA KASIH. ( OPERATOR SIMKAH KUA KEC./KAB. BANYUMAS-JAWA TENGAH )



012

Munas FK-OSI 2012: Banyumas Mantapkan Aplikasi SIMKAH



Seluruh KUA di Banyumas terus memantapkan dan kaderisasi operator Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) untuk terus meningkatkan pelayanan di KUA. Sebagaimana diketahui bahwa seluruh KUA di Kabupaten Banyumas telah mempergunakan program SIMKAH untuk pelayanan sejak tahun 2011, salah satu out put-nya adalah cetak buku nikah dengan printer pass book. Seluruh KUA di kabupaten Banyumas telah mempunyai printer pass book
Salah satu upaya dan komitmen terus memperbaiki pelayanan kepada masyarakat adalah meningkatkan kemampuan SDM para operator SIMKAH, FK-OSI Kabupaten Banyumas  memberangkatkan delegasi tiga orang peserta ke ajang FK-OSI di tingkat nasional. Musyawarah nasional (Munas) pertama Forum Komunikasi Operator Simkah Se-indonesia (FK-OSI) digelar di Cipanas tanggal 22-24 Desember 2012. Ada banyak hal penting yang dibahas dalam Munas tersebut, disamping tetap diagendakannya pelatihan SIMKAH, dari tingkat dasar, tingkat menengah dan tingkat lanjut, bahkan ada kelas khusus, karena banyaknya peserta dari luar Jawa yang meminta untuk diadakan pelatihan secara khusus. 
Pelatihan Tips dan Trik penggunaan Printer Epson PLQ-20 dengan tutor langsung dari pihak Epson juga menjadi acara yang banyak mendapatkan perhatian peserta, terbukti dengan banyaknya petanyaan dan keluhan dari peserta mengenai cara penggunaan dan perawatan printer pass book itu.

Peralatan SIMKAH : Komputer/Lap top, Printer, Cam Corder, Digital Signnature, Sidik Jari dll.
PROSESI KERJA DALAM ( SIMKAH )
PRESIDEN FK - OSI ( Tengah ), H. FAIRUZ MALAYA , S.Ag. M.S.I

Sementara itu, Presiden FK-OSI H. Fairuz Malaya,S.Ag.M.SI.



yang juga Kepala KUA Kemranjen Kabupaten Banyumas, menjelaskan, munas FK-OSI digelar karena adanya keinginan kuat dari KUA untuk meningkatkan mutu pelayanan publik khususnya dalam pelayanan pernikahan, dengan mempergunakan teknologi informatika, meningkatkan kemudahan masyarakat untuk mengakses informasi yang berhubungan dengan KUA melalui IT.
“Sementara, tujuan munas FK-OSI adalah sebagai gerak awal jajaran KUA se-Indonesia menuju KUA online, ” paparnya.
Dijelaskannya, adapun jumlah peserta yang mengikuti munas FK-OSI sebanyak, 251 orang dari 134 kabupaten/kota,dari 13 provinsi se-Indonesia, yang terdiri dari kepala KUA, penghulu, dan operator simkah.
Dalam Munas tersebut juga mengagendakan pemilihan Pesiden FK-OSI dan Fairuz Malaya secara aklamasi terpilih kembali menjadi Presiden FK-OSI periode berikutnya. "Syarat rukun menjadi Presiden FK-OSI adalah berani tombok" kata Sekjen FK-OSI, Gus Shampton, "Kyai Fairuz lah yang masih layak dipertahankan", jelas Gus Shampton disambut gelegar dukungan semua peserta.*** (umar).

 

Cipanas Jawa Barat,  23 Desember 2012

Forum Komunikasi Operator Sistim Informasi Manajemen Nikah se-Indonesia (FK-OSI) adalah wadah komunikasi antara para pengguna Aplikasi SIMKAH tersebut, forum ini diharapkan menjadi ajang silaturahmi sesama Operator dalam mengembangkan kevalidan data dan pemutakhiran informasi. Hari ini Minggu 23 Desember 2012 Forum ini mengadakan Munas secara resmi di Cipanas Kab. Cianjur propinsi Jawa Barat yang diikuti oleh para perwakilan Kepala KUA, Penghulu, Staf dan Bahkan Bleketir seluruh Indonesia.
Menurut laporan dari Panitia Munas FK-OSI ini diikuti oleh 215 orang peserta, utusan dari 13 Propinsi, 67 Kab/Kota dan 145 KUA, data ini sebelum kedatangan kontingen dari Provinsi Jawa Timur. Sumatera Barat diikuti oleh enam peserta yaitu Syafrijal, S.Ag.MA Kepala KUA Kec. Sungayang, Yendra, MA Penghulu di Payakumbuh, Wendrizon, S.Ag Penghulu di Bukit Tinggi, Januar, SH staf Urais Kemenag Kota Padang, H. Abrar Muhammad Lc.MA staf Urais Kemenag Tanah Datar dan Candra Wesnedi Operator KUA Kec. Salimpaung.
H. Fairuz Malaya, S.Ag. MSI yang di daulat sebagai Presiden FK-OSI dalam arahannya menyampaikan bahwa Organisasi FK-OSI ini adalah suatu kelompok atau  organisasi yang tumbuh dari KUA dan untuk KUA itu sendiri, dimana pencetus nama FK-OSI ini sendiri adalah adalah Hamdi Ihsan seorang pegawai Kementerian Agama yang bekerja di DKI Jakarta.
FK-OSI yang berupaya menerapkan aplikasi simkah dalam  administrasi Pencatatan Nikah di Kantor Urusan Agama  sangat sulit sekali untuk mengajak KUA-KUA yang ada di nusantara ini dengan berbagai alasan,  kenapa KUA tersebut tidak mau menerapkan Alikasi Simkah ini diantara alasannya adalah regulasi dari penggunaan aplikasi tersebut, SDM yang ada di KUA dan alasan-alasan lainnya. di akhir sambutannya beliau berharap agar seluruh KUA Bisa menggunakan Aplikasi ini untuk memperbaiki pandangan masyarakat terhadap KUA itu sendiri.
Munas FK-OSI ini di buka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat yang di wakili oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cianjur yang berharap agar Munas ini akan melahirkan rekomendasi sehingga Pelayanan KUA menjadi lebih baik dengan adanya penggunaan Aplikasi Simkah ini. (Januar


Klaten - Dalam rangka mengoptimalkan program SIMKAH, pada hari Rabu tanggal 13 Pebruari 2013, Forum Komunikasi Operator SIMKAH se-Indonesia ( FK-OSI ) Kab. Klaten menyelenggarakan Pelatihan dan Update program SIMKAH versi terbaru (versi 15 L).Kegiatan tersebut dipandu oleh para pakar SIMKAH dan diikuti oleh Kepala KUA Kecamatan dan operator SIMKAH utusan dari 26 KUA Kecamatan se Kabupaten Klaten.
Sebelumnya,  kegiatan serupa juga telah diselenggarakan secara rutin oleh FK-OSI Kab. Klaten, dalam rangka mengupdate program SIMKAH mengikuti versi terbaru.
Sebagaimana diketahui, optimalisasi program SIMKAH merupakan salah satu program prioritas jajaran Seksi Urais Kantor Kemenag Kab. Klaten. Menurut keterangan Kasi Urais Kankemenag Kab. Klaten, Drs.H.Wahib,  pada tahun anggaran 2012 kemarin telah dilaksanakan pengadaan printer Epson PLQ 20 sebanyak 19 unit dalam rangka mendukung program SIMKAH. Sedangkan kekurangannya sebanyak 7 unit direncanakan diadakan pada tahun anggaran 2013 ini.(Joned)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar