----

SELAMAT DATANG 
DI KUA KECAMATAN BANYUMAS KABUPATEN BANYUMAS

 

Senin, 01 April 2013

WIDGET

Cara Menautkan Widget Data Register KUA pada Menu - sub menu blog


Data Register di Sub Menu
Melanjutkan tulisan terdahulu tentang CARA MEMASANG WIDGET DATA REGISTER KUA ONLINE DI BLOGSPOT, ada sobat KUA yang sudah memasang widget tersebut dan berkeinginan untuk menautkan widget tersebut pada "sub menu" blog. Sayangnya bila ingin ditautkan pada "sub menu blog" tutorial diatas belum menjawab keperluan itu. Maka tulisan ini berusaha menjawab bagaimana memasang widget data register KUA  pada laman posting agar widget register data KUA dapat ditautkan pada "sub menu". Berikut caranya:

Pertama, masuk ke dashboard blog anda dengan klik LOGIN atau masuk di http://www.blogger.com
Laman Login blogger
Kedua, pada laman dashboard blog, Klik Drop down untuk memunculkan “opsi lainnya”  kemudian klik tab Pos. 
 
Pos untuk posting
 Ketiga, Setelah muncul laman pos, klik di HTML dan isikan kode HTML/script berikut dengan copy-paste pada bagian konten. untuk Judul isi dengan: Data Register KUA Kec. Katikutana (misalnya), atau lainnya.

<iframe align="top" class="wrapper" frameborder="0" height="1000" name="iframe" scrolling="yes" src="http://simkah.bimasislam.com/simkah/index1.php?prop=19&amp;kab=1918&amp;kec=191801&amp;tgl=2009/01/01&amp;tgl1=2013/12/31&amp;cari=1&amp;tab=0&amp;tab=1&amp;tab=2&amp;" width="100%">
</iframe>

 
Laman Posting


Keterangan:

Ganti kode angka yang berwarna merah  sesuai dengan kode provinsi, kabupaten dan kecamatan sesuai dengan kode KUA masing-masing (dilihat di SIMKAH)
prov=19 untuk kode provinsi, kab=1918 untuk kode kabupaten, kec=191801 untuk kode kecamatan. Tanggal (tgl=2009/01/01&amp;tgl1=2013/12/31) disesuaikan dengan data register yang dikehendaki untuk ditayangkan dari tanggal sekian sampai tanggal sekian.

selanjutnya beri label (bila perlu) misalkan: Data Register KUA setelah selesai jangan lupa klik selesai, kemudian klik Tautan Permanen (tunggu sampai muncul url tautan Data Register KUA) setelah itu copy tautan dengan cara di blok > klik kanan mouse > copy (buka office word > klik paste untuk menyimpan sementara tautan permanen). klik selesai.


Keempat, selanjutnya klik Pusblikasikan untuk menayangkan hasil pos. Tahap Pertama Selesai.

Selanjutnya bagaimana untuk menautkan hasil postingan (Data Register KUA) tadi pada sub menu? Perlu diketahui bahwasanya sub menu pada setiap template (design laman web/blog) berbeda-beda maka untuk keperluan tutorial ini  tata letak dan penempatan sub menu mengikuti template blog KUA Katikutana. Hingga perlu penyesuaian untuk mencari dimana letak sub menu sobat KUA, namun jangan khawatir akan disertakan pula kemungkinan sub menu blog Sobat KUA berada. Baik kita lanjut..... tutorialnya.

Kelima, setelah kita posting akan diredirect ke laman postingan atau kembali ke dashboard, sekarang kita akan mencari dimana letak sub menu blog sobat KUA dan menautkan Data Register KUA, ikuti langkah berikut:
laman semua posting
 A. pada laman postingan klik Tata Letak atau pada dashboard blogger Klik Drop down untuk memunculkan “opsi lainnya”  kemudian klik tab Tata Letak. (Apabila pada Tata Letak Tidak Terdapat Menu/sub menu abaikan point ini dan beralih ke point B)
 
Menu - sub menu
 Klik edit, maka muncul jendela berikut:


Cari kode sub menu yang dikehendaki untuk disematkan url tautan Data Register KUA. 
Contoh: Url Data Register KUA akan di semat kan di menu "DATA REGISTER", maka cari kode: 
<li><a href='#'>DATA REGISTER</a></li>
selanjutnya copy paste kan url tautan Data Register KUA yang tadi yang disimpan di office word menggantikan tanda # dengan tanpa menghapus tanda kutip menjadi:
<li><a href='http://kuakatikutana.blogspot.com/2012/10/data-register-kua-online.html'>DATA REGISTER</a></li>

Klik Simpan. Maka Data Register KUA sudah disematkan pada menu/sub menu. SELESAI. 

Apabila menu/sub menu tidak ada pada laman Tata Letak, maka ikuti langkah berikut:

B. Pada laman postingan klik Template atau pada dashboard blogger Klik Drop down untuk memunculkan “opsi lainnya”  kemudian klik tab Template. Klik pada "edit HTML".
Edit HTML


Kemudian muncul jendela untuk edit HTML. (bila muncul pop up peringatan abaikan itu untuk tetap masuk ke jendela edit HTML). Centang expand template widget. Tekan control F untuk memunculkan bar pencarian. Ketik nama menu pada kotak "find" untuk menemukan kode "Menu" pada template tersebut sesuai nama menu atau sub menu blog sobat KUA, atau geser slider secara manual.

Ini salah satu contoh rangkaian kode Menu dan Sub Menu:

</li>
<li><a href='#'>Galeri</a>
<ul id='sub-custom-nav'>
<li><a href='#'>Arah Kiblat</a></li>
<li><a href='#'>Imsyakiah </a></li>
<li><a href='#'>Kalkulator Zakat </a></li>
<li><a href='#'>Direktori KUA </a></li>
<li><a href='#'>Data Registrasi KUA Online </a></li>
<li><a href='#'>Aplikasi </a></li>
<li><a href='#'>Kegiatan </a></li>
</ul>
 
Ket: Pada rangkain kode diatas "Galeri" adalah nama Menu dengan sub menu Arah Kiblat, Imsakiyah, Kalkulator Zakat, dll.

setelah mendapatkan kode menu/sub menu sobat KUA, selanjutnya copy paste kan url tautan Data Register KUA yang tadi yang disimpan di office word menggantikan tanda # dengan tanpa menghapus tanda kutip. Contoh:
<li><a href='#'>Data Registrasi KUA Online </a></li>
 
menjadi:
 
<li><a href='http://kuakatikutana.blogspot.com/2012/10/data-register-kua-online.html'> 
Data Registrasi KUA Online </a></li>

Klik Pratinjau untuk melihat apakah hasilnya sudah berhasil atau belum. Bila terjadi kesalahan pada pratinjau klik "kosongkan hasil edit" dan coba lagi dari awal. Bila sudah berhasil klik "simpan template".

Dengan demikian Data Register KUA sudah disematkan pada menu/sub menu. SELESAI.

Bagi yang telah mengikuti tutorial CARA MEMASANG WIDGET DATA REGISTER KUA ONLINE DI BLOGSPOT,  dan ingin menghapusnya silahkan masuk ke laman "Tata Letak" hapus gadget yang berisi kode widget. Saran dan pertanyaan silahkan isi di kolom komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar