----

SELAMAT DATANG 
DI KUA KECAMATAN BANYUMAS KABUPATEN BANYUMAS

 

Senin, 06 Februari 2012

PRODUK HALAL

KEUTAMAAN HALAL DAN KEBURUKAN HAROM

Ketahuilah wahai saudaraku, bahwa didunia ini ada dua hal yang saling bertentangan dalam segala keadaan. yakni antara halal dan harom. sesuatu yang halal itu selalu mengandung fadhilah ( keutamaan ) dan segala sesuatu yang harom itu mengandung kenudhorotan ( tercela/buruk ). Oleh sebab itulah maka segala yang harom itu dilarang dan segala yang halal itu dianjurkan. Telah dijelaskan dalam Alquran Surat Albaqoroh ayat 51 sebagai berikut : "Makanlah dari makanan yang baik - baik dan laksanakanlah amal sholeh" ( QS.Albaqoroh 51 )
Dari ayat tersebut diatas mengandung makna bahwa Alloh menginginkan agar hambaNya berhati - hati dalam masalah yang dimakan agar memilih yang halal, baru kemudian menunaikan amal yang sholih. Artinya memakan sesuatu yang halal terlebih dahulu sebelum menunaikan amal sholih.
Adapun halal itu harus meliputi :

-    Halal barang yang kita konsumsi.
-    Halal cara mendapatkannya.
-    Halal dalam membelanjakannya.
-    Toyib ( baik/layak / bergizi ).




1 komentar:

  1. Bisa minta informasi ny..
    An dewi murianingsih dgn thn pernikahan 2002-2005 apa sdh terdaftar...pernah sekolah di stie kerjasama jogyakarta...bisa di bantu alamat tempat tinggal nya...saya lost contact saat masih kuliah...
    Sent email at
    ludisubagja@yahoo.com
    terimakasih KUA BANYUMAS

    BalasHapus